Alat Cimino yang sudah terpasang belum sempat terpakai

instalasi haemodialisis

Instalasi Haemodialisis

Ibu Sadinem dalam usia 44 tahun sering mengeluhkan mual dan sakit pada bagian pinggang. Diawal waktu ia menjalani pengobatan hanya di klinik terdekat dan senantiasa diberi obat Mag dan obat Batugin. Hingga akhirnya keluhan berkembang menjadi susah buang air seni.

Khawatir akan kesehatannya, Ibu tiga orang anak ini lalu pergi ke Rumah Sakit Halim bagian UGD. Selanjutnya mendapatkan penanganan seksama dari Dokter Spesialis Internis dan Ginjal. Hasil pemeriksaan sungguh sangat mengagetkan beliau, bagaimana tidak, sebagai seorang istri buruh kecil disalah satu sekolah swasta sungguh tak terbayangkan sebelumnya, dengan Ureum 174, Creatinine 12,76 dan Hb 10,1 dokter menyatakan beliau Gagal Ginjal dan harus segera menjalani cuci darah 3 kali seminggu. Diagnosa dokter juga menyatakan bahwa ia memiliki batu pada ginjal dan ureter, sudah terjadi peradangan ginjal dan infeksi kandung kemih.

Selama menjalani cuci darah beliau hampir selalu pingsan dan tekanan darah relatif sangat rendah sistole 76 dan diastole 57 dan juga tidak nafsu makan.

Setelah menjalani 7 kali cuci darah Ibu Sadinem dikenalkan tetangganya dengan ibu Enny Setyorini pemilik dan terapis di Klinik Fairuzholistic. Mulailah ia menjalani terapi akupunktur 3 kali seminggu, diet terapi, dan jus terapi. Satu treatment terapi akupunktur dilakukan sebanyak 15 kali terapi.

Selama terapi di Klinik Fairuzholistic beliau sepakat untuk meminum obat herbal sebagai ganti obat kimia yang selama ini digunakan, menjalani pembatasan jumlah air minum maksimal 800 ml/hr dan tetap jalani cuci darah 3 kali seminggu di Rumah Sakit. “Yang paling cepat saya rasakan setelah terapi adalah usai cuci darah tidak pernah lemas lagi, tidak menggigil dan badan lebih segar meskipun tensi masih sangat rendah”, tutur beliau bersemangat. Alhamdulillah.

Pada masa terapi yang ke 6 beliau mendapat bantuan dari berbagai pihak untuk pemasangan Cimino agar lebih memudahkan pemasangan alat cuci darah.

cimino fistula

Cimino Fistula

Pada terapi ke 7 ia sudah tidak mengalami kesulitan buang air seni lagi dan batu di ureter sudah hilang. Sementra hasil pemeriksaan laboratorium, Subhanallah, Ureum 84, Cretinine 2,8 dan Asam urat 10,7, serta tensi juga sudah normal 110/70.

Selanjutnya beliau kami sarankan mulai mencoba jalani cuci darah 1 kali seminggu saja. Walaupun terjadi pro dan kontra dengan keluarga besar, namun tekad beliau untuk menjalani saran terapisnya sudah bulat, dan Alhamdulillah tubuhnya mampu menyesuaikan diri, tidak lemas, tidak mual dan tidak menggigil.

Hingga treatment pertama berakhir dan memasuki treatmen ke dua, tepatnya pada terapi akupunktur ke 16 indikator fungsi ginjal kembali normal: Ureum 24 dan Cretinine 1,2. Hanya Asam urat masih 8,0. Ibu Sadinem terbebas dari beban cuci darah dan Alhamdulillah Alat Cimino yang sudah terpasang belum sempat terpakai.

Frekuensi terapi akupuntur diturunkan menjadi 2 kali sepekan untuk tetap dapat mengontrol kondisi kesehatan beliau, mengingat masih ada gangguan lain di ginjalnya, yakni: radang ginjal, batu ginjal berukuran 1,65 pada ginjal kiri dan 0,80 di ginjal kanan, dan infeksi kandung kemih, serta kebocoran albumin yang sangat tinggi melalui urin.

Kesabaran Ibu Sadinem sungguh sangat luar biasa, ditopang oleh kucuran cinta suami yang selalu setia menemani, beliau terus patuh mengikuti semua proses terapi sampai selesai treatment ke 5 dengan hasil Ureum dan Cretinine tetap normal, tidak ada lagi radang di ginjal, albumin normal dan sembuh dari infeksi kandung kemih. Batu ginjal sudah mengecil tanpa harus jalani operasi.

Kini beliau setelah 6 tahun lepas cuci darah, fungsi ginjal masih normal, tubuh sehat dan gemuk, bahkan, selalu bersepeda tiap keluar rumah. Sang suamipun sudah tersenyum lebar. Badai telah berlalu, semoga cobaan demi cobaan akan menambah ketaqwaan mereka sekeluarga, amin.


Klinik Fairuzholistic

s lutena super lutein banner

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s