Apakah Diet Terapi Itu?

diet terapi

Diet Terapi

Diet Terapi (dietotherapy) yakni:  teknik pengobatan penyakit dengan cara mengkonsumsi bahan makanan sehari-hari, atau dikenal sebagai  makanan obat. Bahan makanan mengandung berbagai nutrisi yang menyediakan persediaan energi bagi pertumbuhan dan aktifitas tubuh. Diet terapi juga dikenal  sebagai Terapi Makanan (dietary therapy). Nutrisi adalah substansi penting bagi manusia dikala sakit untuk mengatasi faktor-faktor yang menyebabkan menyebarnya penyakit dan membantu perbaikan jaringan yang rusak dan mencegah penyakit.

Tata cara melakukan Diet Terapi mencakup beberapa hal :

  1. Bawang PutihMeneliti sifat-sifat makanan yang berkhasiat untuk mencegah dan mengatasi penyakit, atau makanan sebagai obat. Contohnya: bawang putih dapat sebagai makanan sekaligus obat untuk penyakit disentri yang disebabkan bakteri.
  2. Meneliti efek penyembuhan dari makanan yang dipilih dan menambahkannya ke dalam makanan sehingga kedua bahan tersebut dapat saling melengkapi.
  3. Memulai sedini mungkin diet terapi sebagai bentuk pencegahan terhadap penyakit.

Diet Terapi harus mencakup dua aspek yang juga sangat mempengaruhi :

  1. Pengembangan teknik memasak untuk menghasilkan makanan lezat.
  2. Penelitian terhadap jenis makanan baru yang berpotensi memiliki efek terapis dan cara-cara mengolahnya.

Diet Terapi sebaiknya diberikan dahulu sebelum masuknya obat. Diet terapi menyembuhkan penyakit dengan cara menyelaraskan fungsi tubuh dan memperkuat ketahanan tubuh melalui pemasukan nutrisi tambahan.

YINYANG

Diet Terapi  telah lama diterapkan dalam pengobatan Cina Kuno. Mengenal sifat dan rasa makanan yang dikaitkan dengan sifat penyakit: dingin, panas, lembab dingin dan lembab panas, juga sangat menentukan keberhasilan diet terapi. Misalnya penyakit akut yang termanifestasi dalam bentuk demam tinggi, rasa haus, sakit kepala, urin pekat, adalah penyakit yang bersifat panas. Untuk kondisi ini obat-obat yag bersifat dingin harus digunakan. Namun jika tidak akut, bisa diberikan makanan yang bersifat segar dan hangat.

Diet Terapi kini telah berkembang, diperkaya oleh penelitian lebih jauh mengenai makanan yang sangat berguna untuk mencegah menjangkitnya penyakit dan memperkuat ketahanan tubuh, teknik memasak demi tujuan diet terapi, dan pengkombinasian atau penyilangan bahan-bahan makanan.

Sebagian orang memiliki kebiasaan makan tidak teratur, terutama dipagi hari. Padahal untuk dapat mempertahankan aktifitas normal sehari-hari tubuh membutuhkan energi yang telah tersedia dalam makanan dan minuman. Ketika tubuh membutuhkan energi seperti rasa lapar, rasa tidak nyaman atau sensasi aneh mulai terasa jika makanan tidak segera dipasok. Seseorang akan merasakan pusing, jantung berdebar, berkeringat atau lemas, yang didunia medis sebagai hypoglycemia dan mungkin akan segera hilang jika makanan mulai masuk. Kondisi ini tidaklah dipandang sebagai kondisi patologis/penyakit, tetapi sebagai kondisi fisiologis biasa. Sementara jika kondisi fisiologis biasa akan dapat menjadi patologis jika hal tersebut menjadi kebiasaan atau pola hidup sehari-hari. Tidak heran kini penyakit migren atau mag  banyak diderita orang.

Diet Terapi adalah salah satu terapi yang diterapkan di Klinik Fairuzholistic Depok dan Cibubur,  sebagai terapi penunjang terapi penyembuhan bagi pasien. Sinergi antara terapi di klinik dan diet terapi yang dilakukan pasien dengan mengatur pola makannya, akan menghasilkan hasil yang baik untuk proses kesembuhan penyakit.


Klinik Fairuzholistic

Tinggalkan Balasan